Memilih DVR Murah yang Sesuai Kebutuhan

06 October 2017 - Kategori Blog

CCTV Cirebon zonacctv.com – Dalam memilih produk DVR CCTV yang sesuai kebutuhan maka Anda perlu mempertimbangkan kemampuan, kinerja, kualitas, kehandalan, dukungan, kompatibilitas dan harga DVR tersebut. Teknologi yang digunakan dalam perangkat DVR terus berkembang sehingga sangat baik untuk dapat memahami apa yang ditawarkan dan yang lebih penting apa yang Anda butuhkan.

CCTV Cirebon Zonacctv.com - Memilih DVR Murah Sesuai Dengan Kebutuhan

CCTV Cirebon zonacctv.com – DVR standard akan menghubungkan sinyal kamera analog ke perekam dengan konektor BNC. Namun saat ini sudah tersedia DVR yang mampu merubah sinyal kamera dalam format digital dan menyimpan rekaman video CCTV tersebut melalui koneksi jaringan. Network Video Recorder atau NVR adalah jenis DVR yang hanya mampu menerima data melalui kamera yang terhubung melalui jaringan.

Digital Video Recorder jenis “High End” mampu menerima sinyal analog maupun digital dan memiliki berbagai fungsi dan fitur yang memudahkan penggunanya. Bila anda memerlukan aplikasi sistem pengawasan keamanan yang lebih besar dan lebih tinggi, jenis DVR ini adalah pilihan terbaik.

Fitur DVR high end memiliki fitur tertentu yang cocok untuk aplikasi yang lebih rumit. Fitur ini akan meliputi:

(1) Rekaman video CCTV dengan resolusi yang lebih tinggi untuk memberikan kualitas pemutaran yang lebih baik.

(2) Kapasitas yang lebih besar untuk memungkinkan banyak video yang mampu direkam untuk waktu yang lama pada frame rate dan kualitas tertinggi.

(3) Memiliki kemampuan untuk diintegrasikan ke dalam sistem CCTV yang besar.

(4) Memiliki kualitas yang baik untuk memastikan integritas sistem walaupun beberapa komponen tertentu kurang berfungsi dengan baik.

(5) Tersedia cara untuk menganalisis, menyalin dan mengirimkan rekaman dalam jumlah massal saat terjadi insiden besar.

(6) Memiliki fasilitas pencarian analitik yang lebih detil sehingga memungkinkan rekaman video dalam waktu hari minggu atau bulan mudah disaring dengan sangat cepat.

Faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli DVR Murah

1. Kapasitas simpan suatu DVR

Dengan merekam banyak sumber video dengan pengaturan kualitas gambar yang tinggi akan menghasilkan ukuran data yang lebih besar. Beberapa jenis DVR tidak kompatibel dengan tipe hard disk tertentu untuk merekam video sesuai dengan kualitas atau durasi rekaman yang diinginkan.

Sehingga sangat penting untuk menentukan faktor kapasitas simpan DVR saat memilih sebuah Digital Video Recorder. Banyak DVR yang memiliki pengaturan default yang membuat ia mampu merekam untuk waktu yang sangat lama tapi dengan mengorbankan kualitas gambar video yang direkam. Pastikan bahwa Digital Video Recorder yang Anda pilih memenuhi semua tujuan Anda.

2. Integrasi dengan Aplikasi Sistem Keamanan

Aplikasi sistem keamanan yang tinggi akan melibatkan berbagai teknologi dari berbagai produsen yang masing-masing melakukan fungsi yang berbeda. Agar dapat bekerja dengan baik dan optimal maka DVR yang Anda pilih harus mampu “berbicara” dengan bahasa yang sama atau kompatibel dengan perangkat lainnya.

Hal ini terutama berlaku untuk jaringan peralatan seperti kamera IP yang diproduksi oleh perusahaan yang berbeda merek dengan DVR yang anda beli. Dianjurkan untuk memeriksa bahwa Digital Video Recorder tersebut kompatibel dengan perangkat lunak dan aplikasi sistem keamanan yang anda pilih.

3. Daya Tahan DVR

Suatu DVR yang baik harus mampu digunakan dalam waktu yang lama dalam lingkungan yang profesional. Tidak seperti jenis peralatan rumah tangga biasa, perekam CCTV biasanya digunakan terus menerus selama 24 jam per hari, 7 hari per minggu selama bertahun-tahun. Inilah sebabnya perlu sangat dipertimbangkan jenis DVR yang mampu memiliki kualitas yang kuat dan daya tahan lama.

Hard disk sebagai media penyimpan harus selalu berada pada suhu kerja yang aman dan terisolasi dari getaran yang tidak perlu. DVR berkualitas baik harus dapat memantau kondisi hard drive dan dapat melaporkan masalah kepada pengguna sebelum harddisk gagal berfungsi. Dengan cara ini, rekaman video cctv yang berharga bisa diselamatkan. Suatu DVR berkualitas tinggi akan mampu bekerja baik selama sepuluh tahun atau lebih.

Kebanyakan produsen yang baik akan memberikan garansi DVR produk mereka selama beberapa tahun atau menyediakan perbaikan service gratis. Jika Anda ragu, mintalah referensi dengan seseorang yang telah menggunakan produk yang Anda pilih. Dengan cara ini Anda dapat menentukan apakah produk DVR tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Power, Panas dan Kebisingan

Faktor ini memiliki pengaruh penting terhadap keberhasilan dari sistem operasi CCTV. Konsumsi daya secara langsung berkaitan dengan jumlah panas yang dihasilkan. Peralatan yang menghasilkan panas cenderung menggunakan kipas untuk mengeluarkan panas tersebut. Kipas tersebut dapat mengeluarkan bunyi yang cenderung berisik. Dengan memilih peralatan berdaya rendah akan memiliki efek yang menguntungkan yaitu yang pertama, tagihan listrik Anda akan lebih rendah.

Menggunakan DVR berdaya rendah akan mengurangi atau mungkin meniadakan kebutuhan untuk pendingin seperti AC. Peralatan yang menghasilkan lebih sedikit panas akan cenderung menggunakan sedikit kipas yang beroperasi pada kecepatan yang lebih lambat. Akibatnya tentu suara yang dihasilkan akan tidak terlalu menganggu.

5. Rekaman Video untuk Bukti Suatu Kejahatan

Jika Anda mengalami sebuah kasus kejahatan, Anda mungkin akan dimintai salinan semua rekaman video CCTV yang telah direkam oleh polisi. Dengan demikian anda perlu mempertimbangkan apakah perekam yang Anda pilih dapat memberikan hal ini dan ia juga masih dapat bekerja seperti biasa.

6. Analisis & perangkat pencarian

Analisis yang dimaksud adalah istilah yang biasanya mengacu pada alat untuk membantu tugas-tugas pengawasan CCTV yang sulit dan memakan waktu bila dilakukan oleh manusia. Tools dari DVR dapat berupa fitur deteksi gerak pada gambar CCTV. Dengan fitur dan analisis yang canggih maka akan mendeteksi perilaku manusia yang berpotensi terjadinya aksi terorisme, kekerasan, pencurian dan lain-lain.

Tugas analasis ini dapat dilakukan pada secara langsung secara live dan juga pada rekaman video sehingga dapat digunakan untuk banyak tugas pengawasan keamanan seperti kontrol lalu lintas hingga pemasaran.

Karena rekaman video CCTV dapat memiliki durasi dan waktu yang panjang, mencari peristiwa tertentu dalam rekaman CCTV bisa sangat menantang dan memakan waktu. Berbagai alat telah dikembangkan baik hardware dan software untuk membantu tugas ini.

Ada pepatah yang mengatakan “Anda akan mendapatkan apa yang Anda bayar (you get what you pay for” dan sampai batas tertentu, hal ini tetap berlaku untuk peralatan kamera CCTV dan DVR. Mungkin anda akan berhenti sejenak untuk mengagumi kualitas gambar dokumenter satwa liar atau pertandingan sepakbola piala dunia saat berjalan-jalan ke toko elektronik. Kualitas peralatan yang digunakan untuk membuat gambar beresolusi tinggi tersebut tentu tidak ber-harga murah. Jika tujuan Anda adalah sistem keamanan CCTV dengan kinerja tinggi, maka yang anda perlukan tentunya juga sama. Harga memang tak bisa bohong.

, , , ,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter