Mengenal Jenis dan Fungsi DVR CCTV

28 December 2017 - Kategori Blog

CCTV Cirebon zonacctv.com – DVR (Digital Video Recorder) CCTV merupakan alat perekam video yang dikirim oleh cctv jenis analog, namun dalam perkembangan nya DVR CCTV mampu merekam gambar digital dengan kualitas High-Definition (HD). DVR CCTV dengan kemampuan merekam gambar resolusi HD yang dihasilkan dari kamera HD dengan teknologi AHD, HD-CVI dan HD-TVI disebut dengan HDCVR (High Definition Composite Video Recorder). Namun karena nama DVR sudah dipakai sejak dulu maka orang lebih menyebutnya dengan DVR HD (DVR yang mampu merekam gambar HD).

Jenis – Jenis DVR

Stand Alone DVR CCTV

CCTV Cirebon zonacctv.com – DVR CCTV Standalone adalah DVR CCTV yang berdiri sendiri dan mampu bekerja tanpa bantuan perangkat lain seperti PC/komputer. DVR standalone sangat disukai oleh kalangan awam karena mudah disetting,murah dan simpel.

CCTV Cirebon zonacctv - Standalone DVR

Kelebihan Standalone DVR

– Dirancang untuk bekerja 24/7 sehingga tahan akan kondisi buruk (Panas)

– Harga Murah, bentuk simple, portable dan mudah dalam penginstalan

– Tidak perlu perawatan seperti Update dan mudah digunakan

– Mudah untuk diganti /Upgrade dengan setting yang sederhana

Kekurangan Standalone DVR

– Fitur Terbatas

– Firmware Tidak bisa /Susah Diupdate

– Jika ada bagian yang rusak, maka harus diganti secara keseluruhan

– Masalah kompatibilitas dengan perangkat lain (susah diintegrasikan dengan teknologi lain)

– Terbatas akan media storage, karena port yang disediakan terbatas

PC Based DVR/DVR Card

CCTV Cirebon zonacctv.com – PC based DVR biasanya berbentuk kartu/card  PCI/PCIe yang perlu dipasangkan ke komputer agar DVR ini bisa berjalan dan bekerja. Harga DVR card ini memang lebih murah tapi kalau dihitung-hitung lebih mahal karena butuh komputer untuk berjalan.

Anda akan membutuhkan PC Based DVR saat ingin membangun sistem keamanan komplek yang bisa terintegrasi dengan sistem lain seperti diintegrasikan dengan aplikasi yang dipakai oleh suatu perusahaan. Kelebihan dari PC based DVR adalah hardware mudah untuk diupgrade, fitur lebih banyak, lebih flexible dan dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain.

CCTV Cirebon zonacctv - Standalone DVR

Kelebihan PC Card DVR

– Kaya akan fitur dan customisasi secara luas

– Bisa untuk kamera dengan kabel coaxial dan IP camera

– Dukungan Update cepat dari vendor

– Kompatibilitas luas

– Mudah untuk menambah kapasitas storage

– Mudah untuk Upgrade

Kekurangan  PC Card DVR

– Perlu perawatan extra (Jika kepanasan cepat rusak)

– Perlu install driver dan konfogurasi yang agak rumit ketika install di PC

– Rentan akan serangan malware (karena numpang di siste operasi PC)

NVR  (Network Video Recorder)

CCTV Cirebon zonacctv.com – NVR fungsinya sama halnya dengan DVR hanya saja NVR hanya menerima informasi memalui jalur berbasis IP bukan signal video analog/digital. NVR didesain khusus untuk memanfaatkan jaringan komputer berbasis IP sebagai jalur transmisi data untuk kamera cctv yang digunakan. Kamera cctv yang digunakan pun khusus karema IP (IP Camera CCTV). Berbeda dengan DVR dan CCTV analog yang menggunakan kabel coaxial sebagai media transmisi data, IP Camera CCTV dan NVR menggunakan kabel LAN, FO, bahkan wireless sebagai media transmisi data layaknya sebuah komputer.

Karena menggunakan jaringan komputer sebagai jalur transmisi data, maka NVR tidak mempunyai port BNC layaknya DVR pada umumnya. Kualitas dan kecepatan jaringan komputer yang digunakan sangat mempengaruhi kecepatan pengiriman data dari IP kamera cctv ke NVR.

Mengenal Fitur Penting DVR CCTV

HD Input/HD Camera/HD DVR

Maksudnya adalah DVR ini mampu menerima dan merekam gambar dengan resolusi HD (720p/1080p) yang bersumber dari kamera HD dengan teknologi AHD, HD-TVI atapun HD-CVI. Walau demikian kamu harus mengecek spesifikasi DVR  apakah mendukung semua teknologi kamera HD (AHD,HD-TVI – HD-CVI-CVBS/analog).

Resolusi(ukuran gambar video) perekaman pada DVR biasanya dinyatakan dengan kode tertentu/bukan dengan angka seperti :

Full HD/1080p Resolution – 1920 x 1080

HD 720p Resolution – 1280 x 720

D1 Resolution – 704 x 480

CIF Resolution – 352 x 240

QCIF Resolution – 176 x 120 dan semua satuan dinyatakan dalam pixel.

H.264/MPEG-4 DVR

H.264/MPEG-4 merupakan sebuah video format kompresi tinggi yang didirikan oleh organisasi standar internasional ISO-IEC dan ITU-T. Codec ini mampu memberikan kualitas video yang bagus pada tingkat bit rendah (Video kualitas bagus tapi file nya kecil) yang dikembangkan oleh Joint Video Team (JVT).

Tanpa ditulispun semua DVR (saat artikel ini ditulis) telah menggunakan teknologi H.264/MPEG-4 agar mendapatkan kualitas rekaman terbaik dengan ukuran file yang kecil.

Sekarang bahkan sudah ada DVR yang merekam  menggunakan teknologi  H.264+ dan H.265 yang memberikan encoding jauh lebih baik, transmisi data lebih efisien dan file video lebih kecil (lebih hemat storage).

IP/Network Camera Support

Beberapa DVR telah mendukung penggunaan IP kamera layaknya NVR hanya saja jumlah channel nya dibatasi (misal hanya support 2 channel IP Camera),untuk menggunakan fitur ini kamu harus menghubungkan DVR dengan jaringan komputer menggunakan kabel LAN.

Video Management Software/Camera Management Software

Setiap produk DVR saat ini telah dilengkapi aplikasi VMS/CMS yang dapat dijalankan di berbagai platform mulai dari Android,Windows,Linux,macOS dan browser.

Aplikasi VMS/CMS yang biasanya diinstall di komputer atau HP menggunakan jaringan komputer berbasia IP (LAN/internet) untuk mengakses DVR/NVR.

, , , , , , ,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter