Penumpang di T3 Cengkareng Bisa Lihat Penanganan Bagasi via CCTV

15 March 2017 - Kategori Blog

CCTV Cirebon zonacctv.com – Penumpang pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng kini bisa melihat penanganan bagasi via CCTV. Mengurangi was-was soal bagasi.

“Transparansi layanan penanganan bagasi dilakukan melalui digitalisasi yakni pengoperasian sistem teknologi informasi baggage handling time monitoring system yang pengaturannya dilakukan melalui aplikasi internal AP II yaitu iPerform, serta pemasangan CCTV di area penempatan bagasi ke baggage handling system,” jelas Corporate Secretary PT AP II Agus Haryadi dalam rilis yang diterima, Jumat (10/3/2017).

CCTV Cirebon – Saat ini, imbuhnya, di Terminal 3 domestik telah terpasang 2 layar monitor di setiap conveyor belt pengambilan bagasi. Monitor ini berguna untuk menampilkan informasi perkiraan kedatangan bagasi dan video CCTV secara langsung (live) yang memperlihatkan proses pengantaran bagasi oleh crew groundhandling ke baggage handling system.

Ditambahkan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan di setiap conveyor belt yang ada di baggage claim area telah dipasang monitor agar penumpang dapat memantau waktu dan cara penanganan bagasi.

“Kami berharap upaya transparansi penanganan layanan bagasi ini akan berdampak kepada peningkatan kualitas pelayanan kepada penumpang pesawat,” ujar Awaluddin.

CCTV Cirebon zonacctv.com - Penumpang di T3 Cengkareng Bisa Lihat Penanganan Bagasi via CCTV

CCTV Cirebon: IP Camera, Apa Bedanya dengan Kamera Pengintai Biasa?

CCTV Cirebon – AP II, lanjut dia, menjadikan Terminal 3 sebagai proyek percontohan digitalisasi bandara sehingga transparansi penanganan layanan bagasi terlebih dahulu dilakukan di sana.

“Ke depannya transparansi penanganan layanan bagasi ini juga akan diimplementasikan di Terminal 1 dan 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta serta bandara-bandara lain di bawah pengelolaan AP II,” jelas Awaluddin.

Adapun, rata-rata per hari bagasi yang ditangani melalui baggage handling system di terminal 3 domestik sekitar 12 ribu koli hingga 15 ribu koli dengan jumlah 350 pergerakan pesawat.

CCTV Cirebon – Langkah pemantauan penanganan bagasi via CCTV ini merespons laporan-laporan masuk mengenai permasalahan menyangkut kerusakan bagasi, pencurian isi bagasi yang dilakukan oleh oknum, di mana tindakan ini pernah dibongkar oleh AP II dan Kepolisan.

Transparansi layanan ini sebagai upaya untuk memastikan bagasi cepat diterima penumpang sesuai standar dari regulator dan juga tidak mengalami kerusakan serta tindak pencurian.

 

(Sumber: detik)

, , , , , ,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter