Polri Ingin CCTV di Setiap Kota Terkoneksi dengan Polres

25 April 2017 - Kategori Blog

CCTV Cirebon zonacctv.com – Mabes Polri ingin CCTV di setiap kota terkoneksi dengan markas kepolisian di tingkat kewilayahan untuk memonitor segala jenis kegiatan. Bahkan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pun sudah pernah mengarahkan agar hal itu dijadikan peraturan daerah (perda).

“Kalau tersedia, jaringan CCTV itu menjadi bagian dalam mencermati, monitoring aktivitas kegiatan publik yang dikoneksikan dengan kepolisian. Maka itu bisa menjadi suatu alat dalam proses pemeliharaan keamanan maupun dalam pengumpulan fakta hukum,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di kompleks Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (25/4/2017).

CCTV Cirebon zonacctv.com - Polri Ingin CCTV di Setiap Kota Terkoneksi dengan Polres

CCTV Cirebon: Kapolda Jabar Imbau Pabrik di Karawang Pasang CCTV Canggih

CCTV Cirebon zonacctv.com – Menurut Boy, konten informasi yang ada pada CCTV merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan sebuah penyidikan. Hal ini pun sedang diperjuangkan agar menjadi sebuah perda. Tempat-tempat umum dan objek vital harus memiliki CCTV yang terhubung dengan polres setempat. Bahkan, menurut Boy, bukan tidak mungkin jalan-jalan umum di permukiman dipasangi CCTV.

“Itu yang sudah diarahkan Bapak Kapolri agar menjadi peraturan daerah. Karena peraturan daerah bisa berdampak ketaatan warga, ketaatan dari pengelola daerah-daerah sentra ekonomi, objek vital, pengelola gedung untuk melengkapi, dan bahkan jalan-jalan permukiman suatu saat,” tuturnya – CCTV Cirebon zonacctv.com.

Belajar dari kasus teror terhadap Novel Baswedan, Boy mengimbau masyarakat memasang kamera CCTV di rumah masing-masing.

“Jadi melihat itu sebagai sebuah investasi. Bukan sebagai sebuah sesuatu yang memberatkan. Investasi untuk keamanan,” ucapnya – CCTV Cirebon zonacctv.com.

Kemudian Boy memberi contoh sudah ada kota yang menerapkan CCTV yang terkoneksi dengan polres. Misalnya di Pontianak, Malang, Batam, dan Makassar. Untuk di Jakarta, menurut Boy, penggunaan kamera CCTV yang terkoneksi dengan kepolisian belum maksimal. Jenderal bintang dua ini juga menginginkan agar CCTV juga tersambung dengan Dinas Perhubungan.

“(Di Jakarta) belum terkoneksi. Seperti TMC sudah ada, tapi itu tak sampai 200 (CCTV), itu perlu dikoneksikan. Kemudian dengan Dinas Perhubungan itu perlu disinergikan. Sudah ada yang disinergikan tapi belum maksimal pemanfaatannya,” katanya – CCTV Cirebon zonacctv.com.

(Sumber: detik)

, , , , ,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter