Mengenal Teknologi Kamera CCTV dan DVR

Pengertian CCTV (Closed Circuit Television)

CCTV Cirebon zonacctv.com – Closed-circuit television (CCTV) atau yang sering disebut video surveillance merupakan penggunaan kamera video untuk mengirim gambar ke tempat tertentu dalam sebuah sistem pengawasan yang terbatas. Tidak seperti TV pada umumnya CCTV ditransmisikan hanya ke tujuan tertentu dan bersifat tertutup/rahasia (closed circuit).

Penggunaan jenis kamera video apapun dan dimanapun yang bertujuan untuk mengawasi bisa diartikan sebagai CCTV mulai dari toko, bank, sekolah, rumah sakit, hotel, bandara dan tempat-tempat yang memerlukan pengawasan keamanan lain nya. Penggunaan CCTV biasanya dipadukan dengan perangkat DVR (Digital Video Recorder) yang berfungsi untuk menyimpan rekaman event yang dikirim dari kamera CCTV itu sendiri .

Pemanfaatan CCTV

Pencegahan tindak kriminal

Melalui pengawasan lewat CCTV, security bisa memantau area yang luas dengan lebih mudah dan ketika akan ada tindak kejahatan maka lebih cepat terpantau untuk dilakukan tindakan.

Pengawasan proses (Industri)

CCTV luas digunakan dalam dunia industri untuk mengawasi proses produksi, terutama pengawasan di bagian yang berbahaya akan radiasi dan bahan kimia. Dengan bantuan CCTV proses bisa dilihat melalui pantauan Monitor CCTV.

Pengawasan Lalulintas

Pengawasan lalulintas di jalan yang begitu panjang dan luas akan memakan waktu dan resource jika dilakukan secara manual, dengan bantuan CCTV area yang luas bisa dimonitor dengan mudah di ruang control.

Broadcast Live Event

CCTV kerap digunakan juga untuk broadcast event di dalam gedung dan merelai nya untuk ditampilkan di luar gedung atau layar stadion yang besar.

Pengumpulan data statistik

Penggunaan CCTV bukan hanya untuk pengawasan tetapi bisa dipadukan dengan sistem komputer dan berfungsi sebagai sensor untuk menghitung jumlah orang yang lalulalang dan mengukur tingkat keramaian disuatu tempat.

Pengawasan Karyawan, siswa property dan Rumah

Sebagai tindakan pencegahan dan memudahkan pengawasan atas aset dan karyawan, biasanya CCTV dipasang pada rumah, kantor, rumah sakit, pabrik dll.

Tindak Kejahatan (Penjahat menggunakan CCTV)

Bukan hanya untuk kebaikan, CCTV sering digunakan oleh kriminal untuk mendapatkan informasi dari korban nya. Seperti pemasangan kamera tersembunyi pada mesin ATM untuk mendapatkan PIN dari karu atm yang di skim.

Teknologi Kamera CCTV

CCTV Cirebon zonacctv.com – Setiap kamera CCTV mempunyai bawaan teknologi sendiri-sendiri, teknologi inilah yang menentukan kualitas dan fitur dari kamera CCTV tersebut. Berikut adalah beberapa teknologi kamera cctv saat ini :

CCTV Cirebon zonacctv.com - Hikvision Launching CCTV Teranyar New Turbo HD 4

Analog Biasa (chipset 960H /D1 )

Kamera analog biasa mempunyai satuan resolusi ketajaman gambar uang dinyatakan dengan TVL (TV Line) semakin besar TVL nya semakin jelas/besar gambar yang dihasilkan, ketika di zoom akan terlihat bedanya antara TVL kecil dan TVL Besar.

Kamera CCTV analog yang tersedia biasanya mempunyai resolusi 420 TVL, 480 TVL, 540 TVL, 600 TVL, 700 TVL, 800 TVL, 1000 TVL. Untuk saran jika Anda memilih kamera analog minimal beli CCTV dengan 700TVL keatas, semakin besar semakin bening.

HD-CVI ( High definition composite video interface) –Dahua

Dahua membuat terobasan baru dengan mambuat chipset HD-CVI untuk kamera CCTV yang memungkinkan kamera CCTV mengirimkan gambar dengan resolusi HD (720p, 1080p) melalui kabel coaxial hingga jarak 500m tanpa delai dan lag. Dahua menjadi yang pertama dalam menemukan inovasi ini dalam dunia CCTV, yang nantinya akan diikuti oleh kompetitor lain yang ikut membuat teknologi serupa dengan nama yang berbeda.

HD-TVI (High Definition Transport Video Interface) – TechPoint

Setelah Dahua sukses dengan HD-CVI , Techpoint ikut membuat terobosan dengan membuat chipset HD-TVI. Chipset HD-TVI dibuat oleh techpoint.inc sebagai terobosan untuk memenuhi tuntutan akan kamera CCTV dengan resolusi yang jernih, tanpa delai dan tanpa merubah infrastruktur jaringan cctv coaxial yang ada. Kamera dengan chipset HD-TVI mampu mengirimkan gambar dengan resolusi HD tanpa delai menggunakan kabel coaxial hingga jarak 500m.

Beberapa Merek yang menggunakan teknologi HD-TVI antara lain Hikvision, AVTech, IDIS, TVT dan ratusan merek yang lain.

AHD (Analog High Definition) – NextChip

Tidak mau kalah dengan dahua dan techPoint, NextChip pun ikut membuat teknologi serupa dengan mambuat chipset AHD untuk kamera CCTV nya.

IP Camera (Internet Protocol Camera)

Merupakan kamera dengan resolusi HD yang menggunakan teknologi Internet Protocol untuk mengirimkan gambarnya, jenis kamera ini bisa menggunakan jaringan komputer yang ada baik jaringan Wired (kabel UTP/STP/FO) dan Wireless dan tidak ada batasan untuk menggunakan jaringan internet untuk mentransmisikan gambar.

Walau IP camera jangkauan nya tidak terbatas tetapi kecepatan transmisi gambar akan bergantung pada infrastruktur yang digunakan, gambar yang ditransmisikan juga tidak real time (delai beberapa detik) karena gambar akan dikompress terlebih dahulu.

Baik kamera CCTV dengan teknologi HD-TVI, HD-CVI, AHD mampu mantransmisikan gambar dengan resolusi HD (720p hingga 4K) melalui kabel Coaxial (RG6, RG59) hingga 500Meter dan tanpa menggunakan kompressi sehingga gambar yang ditransmisikan Realtime dan tanpa Lagg/patah-patah atau delay. Utuk IP kamera jangkauan nya tidak terbatas karena bisa dilewatkan menggunakan jalur internet tetapi gambar yang ditransmisikan dikompress sehungga akan mengakibatkan delay beberapa detik (tidak real time).

Fitur Umum Kamera dengan chipset HD-CVI, HD-TVI dan AHD

Semuanya menggunakan media kabel coaxial sehingga untuk upgrade ke jenis kamera ini (kamera dengan gambar yang lebih jelas) kamu tidak perlu membuat jaringan baru (cukup beli kamera dan DVR nya saja). Proses Installasi, pengoperasian dan perawatan sama seperti kamera analog biasa. Tidak ada delay atau lag seperti jika menggunakan IP Camera. Gambar lebih jelas karena sudah beresolusi HD (minimal 720p).

CCTV Cirebon: 8 Hal Yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memasang CCTV

Jenis DVR dan Teknologi DVR (Digital Video Recorder)

CCTV Cirebon zonacctv.com – DVR atau Digital Video Recorder adalah perangkat elektronik yang berfungsi merekam video (CCTV, Siaran TV dll) dalam format digital dengan menggunakan media penyimpan berupa HDD, SSD, SD, USB Flash Drive atau NAS.

Ada 2 Jenis DVR yang ada di pasaran antara lain:

Standalone DVR

CCTV Cirebon zonacctv.com – Merupakan perangkat yang didesain hanya untuk merekam video (DVR) yang dapat bekerja secara independen tanpa harus dipasangkan/install pada perangkat lain (seperti komputer). Perangkat DVR standalone ini biasanya berbentuk seperti DVD player dengan berbagai Port Video dibelakang nya. Stand alone DVR dilengkapi dengan media storage berupa HDD /SSD dan bisa menggunakan NAS sebagai media storage nya.

Kelebihan Standalone DVR

–  Dirancang untuk bekerja 24/7 sehingga tahan akan kondisi buruk (Panas) –  Harga Murah ,bentuk simple,portable dan mudah dalam penginstallan –  Tidak perlu perawatan seperti Update dan mudah digunakan –  Mudah untuk diganti /Upgrade dengan setting yang sederhana

Kekurangan Standalone DVR

–  Fitur Terbatas –  Firmware Tidakbisa /Susah Diupdate –  Jika ada bagian yang rusak, maka harus diganti secara keseluruhan –  Masalah kompatibilitas dengan perangkat lain (susah diintegrasikan dengan teknologi lain) –  Terbatas akan media storage, karena port yang disediakan terbatas

PC Card DVR

CCTV Cirebon zonacctv.com – Merupakan Perangkat DVR yang berbentuk PCI/PCIE-E Card dan tidak bisa bekerja sendiri dan harus dipasang/install pada komputer terlebih dahulu agar bisa bkerja. PC card DVR berbentuk seperti VGA card pada komputer, perlu installasi driver sebelum bisa digunakan.

Kelebihan PC Card DVR

–  Kaya akan fitur dan customisasi secara luas –  Bisa untuk kamera dengan kabel coaxial dan IP camera –  Dukungan Update cepat dari vendor –  Kompatibilitas luas –  Mudah untuk menambah kapasitas storage –  Mudah untuk Upgrade

Kekurangan PC Card DVR

–  Perlu perawatan extra (Jika kepanasan cepat rusak) –  Perlu install driver dan konfogurasi yang agak rumit ketika install di PC –  Rentan akan serangan malware (karena numpang di siste operasi PC)

Pemilihan media storage khusus untuk CCTV

CCTV Cirebon zonacctv.com – Karena CCTV berjalan 24/7 maka akan lebih baik jika kita menggunakan perangkat media storage yang dirancang khusus untuk bekerja 24/7 khususnya CCTV. Penggunaan storage biasa memang bisa namun performa dan ketahanan akan berbeda. Penggunaan media storage biasa untuk merekam CCTV yang notabane nya 24/7 terkadang akan menyebabkan glitch (keganjilan sistem/ kadang tidak normal/anomali) ini tentu akan beresiko jka terjadi pada momen yang penting.

Vendor hard disk membuat series untuk produknya sesuai dengan kebutuhan pasar mulai dari gaming, server, user biasa hingga HDD untuk CCTV. Berikut contoh series untuk vendor harddisk yang sudah terkenal:

SEAGATE (skyhawk) seagate memberi nama produk khusus untuk cctv dengan nama skyhawk

Western Digital (WD Purple) Belilah WD Purple jika kamu ingin menggunakan harddisk merek ini untuk CCTV

Merek Lain Silakan kunjugi official website untuk melihat hardisk survelliance series.

Kabel RG59 dan Power Supply

CCTV Cirebon zonacctv.com – Pemilihan jenis kabel RG59 sangat cocok untuk pembuatan jaringan CCTV karena kabel jenis ini telah dilengkapi kabel power sehinggan pemasangan CCTV menjadi lebih mudah tanpa kita harus narik kabel listrik tersendiri untuk memberi daya kamera cctv.

Dengan menggunakan kabel RG59 maka pengelolaan dan pemberian daya bisa dilakukan terpusat menggunakan CCTV Camera Power Supply Box , hendaknya pemilihan jumlah Ampere pada power supply disesuaikan dengan jumlah CCTV yang akan dipasang dan  jangan sampai melebihi kapasitas power supply karena akan m enyebabkan power supply mati karena overload. Untuk 16 kamera CCTV cukup dengan pemberian Powersupply dengan arus 10Ampere.

Kompatibilitas CCTV dengan DVR

CCTV Cirebon zonacctv.com – Setiap CCTV atau DVR mesing-masing mengusung teknologi dan fitur masing-masing , ketika kita akan membeli DVR baiknya diteliti dukungan teknologi yang dapat diterima oleh DVR agar kamera cctv yang kita beli bisa dipasang pada DVR.

Pemilihan DVR baiknya disesuaikan dengan kamera yang kita beli, misalnya jika kita ingin membeli kamera dengan resolusi HD maka DVR juga harus mendukung rekaman resolusi HD agar hasil rekaman sama dengan resolusi yang dihasilkan kamera.

Contoh kasus:Kita membeli kamera HD dengan resolusi 1080p tetapi DVR yang kita miliki hanya bisa merekam resolusi HD 720p maka ketika kita memutar ulang hasil rekaman akan dihasilkan gambar 720p . kasus seperti ini sering disebut bottleneck  dimana input dan output tidak seimbang.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan DVR adalah dukungan chipset /teknologi yang digunakan oleh Kamera. Jika DVR mendukung teknologi kamera (Analog/960H ,HD-CVI,HD-TVI,AHD,IP cam) maka bisa dipastikan DVR bisa menerima gambar yang dihasilkan oleh Kamera. Jadi perhatikan betul dukungan teknologi kamera pada DVR sebelum membeli DVR dan kamera cctv.

Sumber: (Kiswara)