Permasalahan pada CCTV kamera yang Sering Kali Terjadi

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Beberapa hal pokok yang berkaitan dengan penanganan gangguan camera. Semoga uraian ini bisa membuka wawasan kita.

1. Sumber Tegangan Camera (Adaptor / Power Supply)

Periksalah tegangan camera terhadap kemungkinan drop akibat panjangnya kabel power.

Periksalah drop tegangan dengan tester ST-BT01Q.

Coba beri dulu power camera dalam jarak dekat, lalu amati hasilnya.

Test dengan battery 12VDC guna memastikan gangguan tersebut bukan berasal dari adaptor.

Untuk camera DC, pastikan adaptor memiliki tegangan minimal 12VDC / 1A.

Upayakan sumber tegangan untuk adaptor camera tidak satu group dengan beban-beban induktif lain, seperti: lift/elevator, mesin produksi, pompa air, motor listrik, lampu TL, dispenser dan semisalnya.

Jika perlu, gunakanlah EMI Filter pada listrik 220V.

2. Instalasi Kabel

Coba ganti dulu camera bermasalah dengan camera baru (camera cadangan), amati hasilnya. Jika gangguan masih ada, maka kemungkinannya adalah dari panjang kabel atau drop power supply, bukan dari cameranya.

Coba terapkan teknik Ground Loop Isolator (GL001).

Untuk kasus interferensi hindarilah dulu penggunaan Video Amplifier sampai ditemukan akar masalahnya.

3. Faktor Luar

Kenali juga faktor luar yang turut andil dalam menciptakan gangguan, misalnya:

Letak camera yang berdekatan dengan sumber interferensi. Coba jauhkan dulu posisi camera bermasalah dengan cara memasang camera cadangan di lokasi lain, namun tetap memakai kabel coaxial itu. Amati hasilnya.

Adanya kabel coaxial yang sejajar/paralel dengan lintasan kabel tegangan tinggi. Adapun jika kabel coaxial saling berpotongan dengan kabel listrik, maka kecil kemungkinannya untuk terjadi interferensi.

Adanya refleksi dari objek silau atau licin seperti lantai, ventilasi udara (lubang angin), atap mobil box, lampu infra red yang bersilangan antar camera satu dengan yang lain dan semisalnya.

Adanya cahaya kuat yang langsung menerpa camera (pelajari kembali soal F Stop).

Kondisi cahaya yang lemah di malam hari (coba ganti dulu dengan Day&Night camera atau pasang penerangan tambahan, sebelum memutuskan menggantikannya dengan IR Camera).

Camera Berembun?

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Sebagaimana mafhum, peristiwa embun sebenarnya merupakan bagian dari kehidupan keseharian kita. Contohnya: tatkala mengendarai mobil saat hujan dengan penumpang penuh dan ac mobil ngadat, maka tak ayal embun akan menyelimuti seluruh kaca mobil.

Demikian pula dengan air es yang dituangkan dalam gelas, maka setelah beberapa lama bagian luar gelas akan basah, bukan? Inilah yang dinamakan peristiwa pengembunan atau kondensasi.

Menurut definisinya, embun adalah peristiwa perubahan wujud uap menjadi cair akibat adanya selisih suhu. Pada kasus mobil di atas, suhu di dalam mobil lebih hangat ketimbang di luar, sehingga terjadilah embun di bagian yang hangat, yaitu di dalam mobil.

Sebaliknya, pada kasus air es di dalam gelas, embun terjadi di luar gelas, karena di luar gelas suhunya lebih hangat. Jadi, kesimpulannya embun terjadi pada bagian yang lebih hangat. Semakin besar perbedaan suhunya, maka terjadilah tetesan-tetesan air.

Kembali pada kasus camera, saat terjadi hujan, maka suhu di luar akan menjadi dingin, sementara suhu di dalam camera lebih hangat akibat dari kerja rangkaian elektronik. Oleh sebab itulah terjadi pengembunan (persis seperti pada kasus mobil di atas).

Sebenarnya ini peristiwa lumrah, namun cukup mengganggu. Setiap factory memiliki cara masing-masing untuk mengantisipasi hal ini, misalnya dengan memasang pipa kapiler, memperbaiki material, mengurangi disipasi daya agar rangkaian tidak panas serta upaya lainnya. Akan tetapi adakalanya masalah ini masih menggelayuti sebagian produk walaupun skalanya tidak besar.

Nah, jika mengalami masalah ini, cobalah untuk memasang silika gel di dalam camera. Silika gel seperti ini banyak ditemui pada kemasan kapsul obat, dus sepatu ataupun produk elektronik, dengan ciri khasnya yang berupa peringatan “Do not eat”. Jika bisa membeli, belilah silika gel yang baru, lalu pasanglah di dalam camera dengan bantuan double tape. Silika gel tidak boleh lama-lama terekspos ke udara bebas, karena kemampuannya menyerap uap air akan berkurang. Ilustrasi pemasangannya bisa seperti gambar di bawah ini atau disesuaikan dengan bentuk camera lainnya.

Tapi perlu diingat, pada sebagian casing produk weatherproof camera di sana tertulis “Do not open”. Untuk camera jenis ini kita tidak disarankan untuk membukanya -karena bisa merusak garansi- kecuali jika camera tersebut memang sudah mengalami pengembunan dan kita bermaksud memasukkan silika gel ke dalamnya.

Problematika Camera Infra Red

Kenali dulu penyebabnya

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Tanpa melihat jenis cameranya -apakah jenis dome atau bukan dome- secara umum penyebab gangguan pada camera IR kami bagi ke dalam dua faktor,  yaitu: internal dan eksternal. Faktor internal adalah gangguan yang berasal dari dalam cameranya sendiri, seperti:

Pantulan lampu infra red (inilah yang sering terjadi).

Lingkaran hitam di tengah-tengah (halo effect).

Pengembunan.

Lensa yang tidak fokus.

Kualitas material cover.

Adapun faktor eksternal adalah gangguan yang berasal dari luar camera (tepatnya: di lokasi pemasangan). Beberapa diantaranya adalah:

Adanya dua camera IR dalam satu ruangan yang dipasang berhadapan.

Reflective object (objek yang memantulkan cahaya).

Debu dan kotoran – misalnya sarang laba-laba- yang menempel pada cover.

Sidik jari pada cover.

Pantulan dari lampu infra red

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Persoalan inilah yang boleh dikatakan paling sering terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun sebagai pedoman  (rule of thumb) dalam troubleshooting, bisa dirinci sebagai berikut:

1. Hindari refleksi dari dalam casing. Ketahuilah, bahwa semakin naik arah camera mendekati 90 derajat, resiko pemantulan semakin tinggi, karena cover dome bagian dalam akan tampak dan memantulkan infra red.

2. Hindari juga objek yang memantul, seperti: lantai, dinding, langit-langit dan permukaan lain yang berwarna putih. Selain menimbulkan efek silau di siang hari, objek seperti inipun berpotensi memantulkan infra red di malam hari.

3. Jangan memasang casing tambahan atau memasang camera di balik kaca.

4. Perbaiki posisi semua karet penutup, baik di sekitar lampu led, maupun di sekeliling camera, jangan sampai miring atau dudukannya tidak pas.

5. Kencangkan semua sekrup cover camera (jika ada) jangan ada yang longgar.

CCTV Cirebon - Infrared memantul di Dome Camera - zonacctv

CCTV Cirebon: Mengenal Teknologi Kamera CCTV dan DVR

Lingkaran di tengah-tengah (halo effect)

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Pernahkah anda melihat hasil gambar camera IR pada kondisi gelap seperti ini? Masalah ini bisa saja terjadi, bahkan pada merk yang termasuk bagus sekalipun.

Gejala ini sering disebut sebagai halo effect dan ini sangat lumrah terjadi di beberapa tipe camera IR. Penyebabnya adalah lampu IR yang terlalu menyebar dan memantul melalui cover dalam intensitas kecil. Walaupun kecil, tetapi dampaknya sangat menganggu. Sekali lagi, masalah ini bisa diatasi dengan menerapkan salah satu dari rule of thumb di atas.

Pengembunan

Masalah ini kerap terjadi, khususnya pada camera tipe outdoor, walau tidak menutup kemungkinan terjadi pula pada tipe indoor yang dipasang di outdoor.

Lensa yang tidak fokus

Pernah seorang client mengganti lensa camera IR standar pabrik (6mm) dengan lensa 3.8mm dengan harapan bisa memperoleh pandangan yang lebih lebar. Namun, apa yang terjadi? Alih-alih bagus, hasilnya malah terlihat buram.

Kualitas material cover (penutup camera)

CCTV Cirebon Zonacctv.com – “Ada harga ada barang”, demikianlah pameo yang selama ini sulit dipatahkan. Kualitas cover memang ikut andil dalam menciptakan pantulan. Cover yang mudah buram dan tergores, boleh jadi merupakan biang keladi dari semua itu. Berbeda dengan cover yang bening, kokoh dan halus, maka permasalahan ini bisa diminimalisir. Oleh sebab itu beberapa fabrikan ada yang menyediakan cover pengganti seandainya cover aslinya tergores atau materialnya kurang bagus. Namun sekali lagi sebelum mem-vonis produk, cobalah tangani dulu dengan rule of thumb di atas.

Adanya dua camera IR indoor yang dipasang berhadapan

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Jika dalam satu ruangan terpasang dua camera IR, maka kebanyakan problem yang terjadi adalah sinar infra red saling menggganggu satu sama lain. Ini ditandai dengan adanya bayangan putih, sehingga gambar tampak buram.  Penanganannya tetap mengacu pada rule of thumb mengubah arah salah satu camera. Jika ini tidak memungkinkan, bisa ditempuh dengan cara mematikan infra red di salah satu camera, bahkan di kedua-duanya. Sebagai pengganti cahaya, kita bisa menambahkan lampu downlight (bila mungkin) atau infra red illuminator pada posisi yang tepat. Selama memungkinkan, bisa juga dipertimbangkan dengan mengganti camera dengan tipe Day&Night (tanpa IR).

Pengaruh debu, sarang laba-laba, goresan dan sidik jari pada cover

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Debu, kotoran atau sarang laba-laba yang menempel pada cover oleh infra red akan diterjemahkan sebagai objek yang memantul, sehingga mengganggu kualitas gambar.

Satu hal lain yang sering luput adalah sidik jari. Saat menutup camera -khususnya yang berjenis dome- adakalanya sidik jari kita menempel pada cover tepat di depan lensa. Hal ini menyebabkan camera menjadi buram dan memantulkan infra red. Cover transparan pada camera dome senantiasa dilindungi oleh lembaran plastik dan baru dilepas saat cover sudah terpasang. Namun, saat membuka cover kita jarang memperhatikan hal kecil ini.

Akibatnya, cover dome penuh dengan bekas sidik jari. Tidak heran jika ada pabrik yang melengkapi produknya dengan sarung tangan putih berbahan halus. Jika ada, pakailah sarung tangan ini saat menutup atau membuka cover, lalu bersihkanlah bekas-bekas sidik jari dengannya.

Sumber: Accesindo.java