Fitur Motion Detection Di Kamera CCTV

CCTV Cirebon zonacctv.com – Motion detection adalah sebuah fitur video analisis yang berfungsi untuk mendeteksi adanya pergerakan (orang, mobil, dan lain-lain) dan hampir dimiliki berbagai merek AHD camera dan IP camera atau network camera. Sistem pendeteksi gerakan ini dapat menganalisa frame video dan menentukan apakah telah terjadi pergerakan di area yang telah ditentukan oleh pengguna. Sensivitas sistem pendeteksi gerakan ini dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Parameter dalam sistem motion detection yaitu :

 1. Region

CCTV Cirebon zonacctv.com – Dalam hal ini kita dapat menentukan wilayah atau area tertentu yang sedianya akan dijadikan acuan untuk mendeteksi adanya pergerakan. Di menu ini disediakan 3 motion region yang bisa anda atur dan sesuaikan dengan keinginan.

CCTV Cirebon Zona CCTV - Toko CCTV Cirebon

Baca Juga: Perbandingan Fitur DVR dan NVR CCTV

 2. Sensitivity

CCTV Cirebon zonacctv.com – Semakin besar persentase nilai sensitivitas, maka akan semakin sensitif terhadap pergerakan apapun yang ada di depan kamera. Sebagai contoh anda meletakan camera di depan ruang tamu yang tujuannya mematau pintu dan jendela, apabila terjadi sedikit gerakan dari korden karena tertiup angin makan otomatis hal itu akan memicu alarm (bukan sirine).

Setiap terjadi pergerakan atau terdeteksi adanya pegerakan di depan camera, secara otomatis akan memicu alarm. Kemudian camera dapat melakukan fungsi merekam atau mengcapture gambar dan selanjutnya dapat mingirim informasi tersebut ke FTP, Email, Hardisk maupun pada SD Card (sebagai penyimpanan lokal).

CCTV Cirebon Zona CCTV - Toko CCTV Cirebon

Dari gambar menu diatas, ada istilah parameter yang perlu anda ketahui :

Motion Detection Interval yaitu Selang waktu mendeteksi pergerkan.

Pre-Recording Time yaitu lama waktu merekam sebelum terjadinya pergerakan.

Recording Time berfungsi menentukan lama waktu merekam saat terjadi gerakan.

Sending File Type berfungsi memilih tipe file rekaman yang ingin dikirim, bisa berupa JPEG dan video AVI.

Send snapshot file to FTP berfungsi untuk mengatifkan pengiriman hasil snapshot ke server FTP (File Transfer Protocol).

Send snapshot file to email berfungsi untuk mengatifkan pengiriman hasil snapshot ke akun email anda, seperti yahoo, gmail dan lain-lain.

Send snapshot file to SD Card berfungsi untuk mengatifkan pengiriman hasil snapshot ke SD Card.