Memilih Kabel – Konektor – Power Supply dan Harddisk Khusus CCTV Terbaik

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Untuk membangun jaringan CCTV baiknya Anda mengedepankan kualitas, jangan menggunakan bahan seadanya dengan dalih “ini saja bisa kok. Menggunakan bahan seadanya memang bisa namun hasilnya tidak akan maksimal dan rawan rusak disaat penting, maka dari itu baiknya Anda menggunakan alat yang memang sudah dirancang khusus untuk kebutuhan jaringan dan sistem CCTV.

Mengenal dan Memilih Kabel dan Konektor  Khusus untuk Jaringan CCTV

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Kabel merupakan komponen penting sebagai media penghatar informasi video dari kamera cctv ke DVR, menggunakan kabel dan konektor yang seadanya akan menurunkan kualitas gambar CCTV seperti gambar bergoyang, terkadang kedip-kedip dan gangguan lainnya yang biasanya disebabkan oleh konektor yang kendor atau kualitas kabel yang buruk.

Memilih Kabel Khusus untuk Jaringan CCTV

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Kabel yang umum digunakan dalam jaringan CCTV analog adalah kabel Coaxial (seperti kabel antena TV) dengan model RG6, namun untuk sekarang telah ada kabel coaxial yang dirancang khusus untuk membuat jaringan CCTV yaitu kabel coaxial RG59. Kabel coaxial khusus untuk cctv ini telah dilengkapi dengan kabel power untuk mensupply power ke kamera CCTV secara terpusat menggunakan power supply khusus CCTV.

Cirebon-CCTV-Kabel-RG

Ada berbagai macam merek kabel khusus cctv RG59 dan RG6, setiap merek biasanya memiliki kualitas yang berbeda. Sebagai saran baiknya Anda membeli barang dengan merek spesialis kabel untuk mendapatkan kualitas kabel terbaik, karena jika Anda menggunakan kabel dengan kualitas jelek jaringan CCTV Anda rawan trouble/error, entah dari degradasi kualitas video atau kabel mati total.

Memilih Konektor BNC dan Power Khusus untuk Kabel Jaringan CCTV

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Jaringan standar CCTV analog menggunakan kabel coaxial dan konektor BNC, konektor BNC pun ada bermacam-macam jenisnya dan kami sangat menyarankan untuk menggunakan konektor BNC khusus CCTV dengan model ulir tanpa sekrup untuk menghasilkan sambungan yang kokoh dan tidak mudah konslet.

cctv cirebon zonacctv.com - jenis-konektor-BNC-power-CCTV

Mengenal dan Memilih Power Supply Khusus untuk Kamera CCTV

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Saat Anda akan membangun jaringan cctv sangat disarankan untuk menggunakan kabel RG59 atau RG6 yang sudah termasuk kabel power sehingga Anda bisa menggunakan powersupply khusus untuk kamera cctv secara terpusat, dengan menggunakan powersupply khusus kamera cctv secara terpusat akan memudahkan Anda saat pemasangan dan perbaikan, tidak hanya itu power supply khusus cctv juga telah dilengkapi dengan sekering sehingga jika terjadi arus pendek akan putus secara otomatis.

cctv cirebon zonacctv.com - power-supply-khusus-cctv-2

Power supply khusus untuk kamera CCTV menggunakan tegangan 12v DC dan memiliki jumlah soket keluaran yang sama dengan jumlah channel kamera pada DVR yaitu mulai dari 4, 8 dan 16. Biasanya jumlah kapasitas arus/ampere akan disesuaikan dengan jumlah soket keluaran dari power supply kamera cctv ini.

Mengenal dan Memilih Harddisk Khusus Untuk DVR CCTV

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Sistem CCTV berjalan 24/7 (24jam non stop) maka akan lebih baik jika Anda menggunakan media storage (HDD) yang dirancang khusus untuk bekerja 24/7 khususnya untuk sistem CCTV. Penggunaan memdia storage (HDD) biasa memang bisa namun mempunyai performa dan ketahanan yang berbeda.

Penggunaan media storage biasa untuk merekam cctv yang notabane nya berjalan 24/7 beresiko  menyebabkan glitch (keganjilan sistem / kadang tidak normal /anomali) ini tentu akan beresiko jika terjadi pada momen yang penting. Contohnya terkadang ada rekaman yang hilang/tidak merekam disaat tertentu/ rekaman nya macet-macet tidak konsisten

Vendor hard disk telah membuat berbagai macam media storage (HDD) sesuai dengan kebutuhan pasar mulai dari HDD untuk Gaming, Server, User biasa hingga storage (HDD) khusus untuk kebutuhan sistem CCTV yang dirancang mampu bertahan di kondisi extreme karena CCTV merekam non stop 24/7.

Baca Juga: Perbedaan Warna Hardisk WD Black, Red, Gold, Blue dan Purple

Memilih  Ukuran Kapasitas HDD CCTV Yang Sesui

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Kemampuan lama waktu DVR dapat menyimpan rekaman kejadian bergantung pada kapasitas HDD ,jumlah channel,ukuran video (CIF, D1, HD, FHD) dan kualitas video.Semakin besar ukuran resolusi dan kualitas video maka semakin besar data yang disimpan yang mengakibatkan semakin pendek rekaman kejadian yang bisa tersimpan. DVR sudah menyertakan fitur otomatis menghapus data paling lama untuk ditimpa dengan yang baru,jadi walau HDD Anda penuh DVR akan tetap merekam dengan menghapus remakaman kejadian dengan waktu yang paling lama(over write).

Anda bisa memperpanjang waktu penyimpanan rekaman dengan mengaktifkan “perekaman berdasar sensor gerakan/motion based recording” sehingga DVR hanya akan merekam jika ada objek bergerak,bila tidak ada yang bergerak dvr akan stanby.

Saya menyarankan untuk menggunakan HDD dengan kapsitas minimal 2TB,lebih gede lebih baik karena akan memperpanjang waktu penyimpanan rekaman kejadian (footage).

Memilih Merek dan seri HDD Khusus untuk CCTV

CCTV Cirebon Zonacctv.com – Saat Anda ingin membeli HDD untuk CCTV baiknya Anda memilih merek yang sudah terkenal dan memilih seri khusus yang dirancang dan dibuat khusus untuk sistem CCTV dari merek tersebut.Menggunakan HDD biasa untuk CCTV memang bisa-bisa saja namun HDD biasa tidak dirancang untuk hidup dan bekerja terus menerus selama 24/7,menggunakan HDD biasa untuk sistem CCTV sangat beresiko hasil rekaman yang gak lancar atau HDD cepet mati yang ujung-ujungnya malah buang duit.

Berikut rekomendasi Merek dan seri HDD yang diranncang dan dibuat khusus untuk sistem CCTV (surveillance HDD) dari merek ternama:

1. Western Digital (WD) – seri WD Purple WD purple seri hdd khusus untuk sistem CCTV 2. Seagate – seri SkyHawk HDD khusus untuk sistem cctv dari seagate dengan seri SKYHAWK

Untuk saat ini hanya 2 merek kawakan tersebut yang menyediakan HDD khusus untuk sistem CCTV. Harap diperhatikan juga untuk maximal kapasitas HDD yang bisa disupport oleh DVR Anda, jangan sampai memberikan kapasitas diluar kemampuan DVR.