Perkembangan DVR Hingga Teknologi Smart DVR

Smart DVR Teknologi Terbaru

Smart DVR - CCTV CirebonSmart DVR Technology – DVR atau singkatan dari Digital Video Recorder adalah merupakan salah satu komponen penting pada sistem CCTV, DVR berfungsi untuk merekam gambar yang ditangkap oleh kamera CCTV kedalam media format digital kedalam harddisk, flash disk, kartu memori dan lain-lain.

Umumnya DVR menggunakan format MPEG untuk kompresi sinyal video dan untuk saat ini codec yang banyak digunakan adalah H.264. Spesifikasi fitur menu DVR tentunya diiringi dengan harga DVR itu sendiri, Fitur utama DVR yakni penyesuaian kualitas gambar, resolusi video, format video, koneksi internet, kontrol suara, kemampuan dvr frame persecond, mobile support (android, ios, blackberry, smartphone dll), databack up, alarm, sms dan email alert, motion detect atau play back.

Pada dasarnya sistem kerja DVR adalah merekam semua gambar yang di kirim oleh kamera CCTV jenis analog. Namun alat perekam ini semakin berkembang bukan hanya untuk kamera analog. Berikut perkembangan teknologi alat perekam (DVR):

Perkembangan DVR Hingga Teknologi Smart DVR

Digital Video Recorder (DVR)

DVR adalah alat perekam CCTV yang dikhususkan untuk CCTV analog saja. DVR dapat menampilkan dan merekam dari 4 – 16 kamera CCTV secara bersamaan ataupun bergantian. Alat ini dapat disambungkan langsung ke televisi untuk melihat tampilan gambarnya. Selain itu juga dapat disambungkan ke router, sehingga bisa melihat melalui komputer yang terhubung ke jaringan internet dan untuk Local Area Network (LAN) kebeberapa komputer di dalam area.

Network Video Recorder (NVR)

NVR adalah alat perekam berbasis Network atau jaringan yang digunakan untuk merekam hasil gambar yang dikirim dari IP Camera. Dengan kata lain NVR adalah DVRnya IP Camera dan memang hanya digunakan untuk IP Camera. Dan seperti halnya juga DVR, hasil rekaman dapat diakses via jaringan sehingga memungkinkan terjadinyan proses monitoring dari komputer, dan gadget lainnya.

 

High Definition Serial Digital Interface (HD-SDI) DVR

HD-SDI DVR adalah sebuah perangkat yang digunakan sebagai alat perekam video untuk kamera HD-SDI. Namun, HD-SDI dengan standar sendiri, itu berarti HD-SDI DVR tidak mendukung kamera CCTV analog. Karena keterbatasan perangkat keras, hanya 4 saluran dan saluran 8 HD-SDI DVR yang tersedia di pasar, sulit untuk menemukan 16CH atau bahkan 32CH HD-SDI DVR.

High Definition Video Composite Interface (HD-CVI) DVR

HD-CVI DVR adalah singkatan dari High Definition Video Composite Interface, yang merupakan teknologi dari Dahua. Seperti halnya HD-SDI DVR, HD-DVI DVR juga hanya bisa digunakan untuk kamera jenis HD-CVI saja. Dimana kamera HDCVI adalah teknologi revolusioner yang dapat mengirimkan kualitas video definisi tinggi melalui standar kabel RG59 Siamese.

High Definition – Transport Video Interface (HD-TVI) DVR

HD-TVI DVR  adalah alat perekam CCTV untuk jenis kamera HD-TVI. Kamera HD-TVI hadir sebagai produk terbaru dari TechPoint tahun 2012 untuk mengatasi berbagai batasan yang muncul di HD-SDI.

 

Hybrid Video Recorder (HVR)

HVR adalah jenis lain dari perekam video yang digunakan untuk merekam video dari analog dan digital format. HVR dapat membawa fleksibilitas sistem pengawasan video, karena HVR dapat menyimpan rekaman video yang berasal dari CCTV analog dan IP Camera.

Smart TVI DVR

Smart DVR adalah alat perekam dengan teknologi terbaru yang di keluakan oleh Calion. Dimana Smart DVR dapat menyimpan rekaman dari 4 jenis kamera berbeda. Yakni kamera Hikvision Turbo, TVI, AHD, Analog dan IP Camera. Jadi bisa dikatakan Smart DVR bisa untuk DVR atau NVR atau Gabungan dari keduanya. Untuk saat ini Smart DVR tersedia dalam 4-16 Channel. Selain itu hasil rekaman Smart DVR dapat diakses via jaringan internet yang memungkinkan terjadinya proses monitoring dari komputer, dan gadget lainnya.

Adapun rincian support Smart DVR, sebagai berikut :

-Hikvision Turbo 1MP V2.0

-Hikvision Turbo 1.3MP V2.0

-Hikvision Turbo 2MP V2.0

-All brand TVI Camera V2.0

-AHD 1MP & 2MP Camera

-IP 1080P Camera

-Analog Camera

Sumber